Pengertian Mesin DOHC dan SOHC
Halo gaszzz. Di blog kali ini saya akan membahas tentang mesin yang terkenal yaitu mesin tipe DOHC dan SOHC

Terutama pada mesin motor ya.
DOHC dan SOHC perbedaan terletak pada banyak noken as yang ada pada head cylindernya. Noken as adalah batang silinder yang berfungsi untuk mengatur timing buka tutup katup masuknya bahan bakar dan keluarnya gas buang.
Mesin DOHC memiliki 2 noken as.Sedangkan mesin SOHC hanya memiliki 1 noken as.
DOHC
DOHC kepanjangannya adalah Double Over Head Camshaft. Sama seperti namanya, memiliki Double noken as. Masing-masing noken as mengatur 2 katup masuknya bensin dan 2 katup keluarnya udara. Dengan jumlah klep lebih banyak maka tenaga yang dihasilkan pun akan bertambah lebih besar, karena pengeluaran dan pemasukan lebih besar.

Kelebihannya:
- Menghasilkan tenaga yang lebih besar
- lebih stabil dipakai di putaran mesin(rpm) tinggi.
- Relatif boros bahan bakar
- perawatan lebih tinggi biayanya
- putaran bawah mesin lebih berat karena harus menggerakan 2 katup.
Contoh mesin motor yang menggunakan mesin ini adalah seperti motor Suzuki Satria FU150, CB150R, Ninja 250FullInjection

SOHC
SOHC kepanjangannya adalah Single Over Head Camsharf. sama seperti namanya, mesin ini memiliki Single noken as. Hanya ada 1 katup masuk bensin dan 1 katup keluar udara. Dengan jumlah noken as lebih sedikit jadi ini bisa lebih irit. dan tenaga yang dikeluarkan lebih kecil.
Kelebihannya:
- lebih irit bahan bahar
- perawatan lebih mudah
- lebih stabil di putaran mesin(rpm) rendah
Kekurangan:
- tenaga kurang mantap
- mesin biasanya lebih berisik
- angka RPM rendah jadi top speed tidak terlalu tinggi
Contoh motor yaitu seperti Vi-Xion

Jadi jika diadu balap antara motor bermesin DOHC melawan SOHC pastilah akan menang motor mesinDOHC. Tapi jika loma 2 km tidak ngoper gigi (tetap di gigi 1) saya sih pilih mesin SOHC ya.HAHAHAHA :)
Terimakasih sudah membaca semoga bermanfaat bagi kalian ya.
Komentar
Posting Komentar